Visual Data Manager Part I on VB

Posted by Devz Andrean | Posted in , , , , , , , , |

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang masih memiliki penggemar terbanyak hingga saat ini untuk para pemula yang baru mengenal bahasa pemrograman khususnya pemrograman visual. Selain mudah untuk dipelajari, mungkin karena dari segi bahasanya juga yang merupakan bahasa Basic, bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya dalam blog ini juga sudah di posting mengenai latihan-latihan dengan menggunakan objek-objek didalam Visual Basic seperti listbox, combobox serta penggunaan checkbox. Pada kesempatan ini, waktunya saya membagikan sedikit ilmu yang saya miliki hehehe...udah bosen latihan yang gitu-gitu aja, sekarang latihannya ditambah dengan adanya tombol simpan, hapus dan cari. Dengan kata lain, harus ada database untuk menampung hasil inputan yang di input kedalam program.

Visual Basic memiliki database internal yaitu Visual Data Manager. Visual Data Manager ini terhubung dengan Microsoft Access yang nantinya database yang dibuat melalui Vis Data Manager ini akan memiliki extension .mdb. Apabila kita menggunakan Vis Data Manager, maka objek yang digunakan untuk mengkoneksikan tabel dengan program adalah Data1. Sedangkan untuk tabel/grid didalam program yang digunakan untuk menampung data hasil inputan, digunakan DBGrid1.

 Jendela Visual Data Manager
 
Boz..,mana contoh latihan-nya neh? Eitzz..,tenang, sabar bozz hehehehe. Seperti biasa, latihan-nya ada pada link download dibawah ini kok ^_^. Langsung sikat aja neh bozz...

Comments (0)

Posting Komentar