C++ Fungsi STRCMP

Posted by Devz Andrean | Posted in , , , , , , , |

Fungsi STRCMP digunakan untuk membandingkan string pertama dengan string kedua. Hasil dari fungsi ini adalah beripe data integer (int). Dalam penggunaannya, disertakan prototype header (<)string.h(>). Bentuk penulisannya pada header adalah #include (<)string.h(>) .

Bentuk umumnya:
var_int = strcmp(str1, str2)

Didalam kasus, yang sering ditemui adalah jika misal kode_barang = TSH01 maka jenis barang "T-Shirt" dan harga "85000". Kode barang dalam ketentuan diatas menggunakan huruf besar, seperti yang kita ketahui C++ adalah bahasa program yang case sensitive (membedakan huruf besar dan huruf kecil). Maka ketika kita menginput kode barang dengan huruf kecil tidak akan terbaca oleh program, untuk mengatasi hal ini yang digunakan adalah fungsi STRCMP didalam percabangan-nya. Sehingga  ketika kita menginput kode barang dengan huruf besar maupun huruf kecil program akan tetap membaca apa yang di inputkan.

Dalam kasus diatas, fungsi STRCMP digunakan untuk membandingkan string yang di input dengan menggunakan huruf besar dan huruf kecil untuk kode barang. 

Untuk lebih memahami penggunaan fungsi STRCMP, kamu dapat mengunduh latihan fungsi STRCMP melalui link download yang ada dibawah ini, selamat mencoba.

Download Latihan Fungsi STRCMP.pdf


Comments (0)

Posting Komentar