Access SQL

Posted by Devz Andrean | Posted in , , , , |

Microsoft Access mungkin untuk sebagian orang sudah awam untuk digunakan tetapi untuk sebagian orang lainnya masih diperlukan pengenalan yang mendasar. Ms. Access merupakan aplikasi database yang paling banyak digunakan selain MySQL, di Access kita dapat menjalankan perintah-perintah SQL untuk membuat tabel, mengisi serta memanipulasi tabel.

Tidak semua perintah SQL dapat dijalankan di Access, sebagai contoh untuk membuat database dalam SQL perintah yang diketikkan adalah CREATE DATABASE nama_database; , ini tidak berlaku dalam Access karena dalam Access menggunakan perintah visual (dengan cara klik pada menu bar/tool bar).

Dalam Access, yang dapat dilakukan dengan perintah SQL adalah membuat tabel, mengisi tabel, manipulasi isi tabel serta menghapus isi tabel. 
Membuat tabel dalam Access
  • Pada jendela database, pilih object Queries >> pada kolom sebelah kanan sorot/pilih Create Queries in Design View. Maka akan ditampilkan jendela Queries1.
  • Pada ToolBar yang terletak dibawah Menu File, pilih SQL View.
  • Ketikkan perintah SQL untuk membuat tabel sebagai berikut
          
CREATE TABLE barang (kode_brg varchar(3) primary key, nama_brg varchar(25), harga number, stok number);

Jika sudah, klik tombol Run (icon tanda seru berwarna merah pada toolbar), jika tidak ditampilkan pesan maka perintah SQL yang anda ketikkan benar. Tetapi jika ditampilkan pesan atau parameter value berarti perintah SQL yang anda ketikkan terdapat kesalahan.

Mengisi tabel dalam Access
Untuk mengisi tabel yang telah dibuat, langkah-langkahnya sama dengan diatas hanya saja perintahnya berbeda. Pada kolom pengetikkan perintah SQL, ketikkan perintah dibawah ini.

INSERT INTO barang VALUES ("A001","Monitor",755000,10);

Jika sudah, cek tabel yang telah dibuat dan di isi pada objek Table yang terdapat didalam jendela database.



Comments (0)

Posting Komentar