Access SQL Subform

Posted by Devz Andrean | Posted in , , , |

Yupz..setelah kita mengenal lingkungan kerja pada Microsoft Access serta penggunaan perintah SQL didalam-nya. Tiba waktunya untuk kita merancang tampilan/layout program untuk lebih memudahkan penginputan data kedalam tabel-tabel yang telah disediakan.

Dalam Access, kita hanya tinggal menggunakan wizard untuk membuat sebuah tampilan yang diinginkan. Misalnya saja untuk membuat Form, perintah yang digunakan adalah By Using Wizard. Kita hanya memilih tabel atau query yang akan dibuatkan Form tampilan-nya kemudian ikuti perintah selanjutnya hingga Finish. Maka akan tercipta sebuah Form baru dari tabel atau query yang kita pilih.
Kita dapat menambahkan tombol-tombol navigasi atau tombol-tombol operator untuk memudahkan kita mengoperasikan/menggunakan Form tersebut. Sebagai contoh jika kita ingin menambahkan serta menyimpan data yang kita tambahakan, maka yang kita butuhkan adalah tombol Tambah dan tombol Simpan didalam Form.
Contoh dari Form Transaksi

Pada link Download dibawah ini, kamu bisa download latihan Access SQL lengkap dengan penggunaan Form dan Subform (dari mulai pembuatan database, tabel, relasi tabel, query hingga form dan subform).

Comments (0)

Posting Komentar