Variabel dan Konstanta

Posted by Devz Andrean | Posted in |

VARIABEL
Di setiap bahasa pemrograman pasti akan menemukan yang namanya variabel. Variabel adalah suatu tempat di memori yang digunakan untuk menyimpan data yang nilainya dapat diubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan. Dalam PHP, variabel tidak harus dideklarasikan sebelum variabel tersebut digunakan. Variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai, seperti angka, teks, atau array. Dalam PHP setiap penulisan variabel diawali dengan tanda Dollar ( $ ). Misal nama variabel $a ditulis dengan $a.

Deklarasi variabel
Dalam mendeklarasikan variabel, ada bebrapa hal yang harus diperhatikan :
a.Penulisan variabel diawali dengan $, kemudian diikuti dengan huruf sebagai karakter pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan angka.
b.Variabel tidak boleh mengandung spasi maupun tanda baca, kecuali underscore
( _ ).
c.Variabel dalam PHP bersifat “case sensitive”, artinya membedakan huruf kecil dan besar. Variabel $a berbeda dengan variabel $A.
d.Panjang nama variabel tidak terbatas.

Ruang lingkup (scope) variabel
PHP memiliki 3 jenis scope variabel, yaitu :
a.Variabel local, yaitu variabel yang didefinisaikan dalam suatu fungsi sehingga variabel tersebut hanya dapat dikenali dan digunakan didalam fungsi tersebut.
b.Variabel global, yaitu variabel yang bersifat global dapat dikenal dan digunakan diluar maupun didalam suatu fungsi.
c.Variabel static, yaitu variabel yang hanya ada dalam ligkup lokal suatu fungsi.

KONSTANTA
Suatu variabel yang nilainya tetap dan tidak dapat diubah-ubah. Konstanta biasanya diletakkan diawal script. Untuk mendefinisikan konstanta digunakan : define (‘NamaPengenal’, nilai_konstanta)

Comments (0)

Posting Komentar